Assalamu'alaikum...

Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah

Muslimah.or.id

Sabtu, 21 Maret 2009

Apa itu Ikhlas??

apa itu ikhlas??
Ikhlas adalah sikap kta mengambil resiko dengan lapang dada(tidak iri dengki atau penyakit hati apapun),dan percaya bahwa Allah akan memberi pengganti yg jauh lebih Baik lgi,dri apa yg kta korbankan...

memang utk sbagian orang,ikhlas itu tidak mudah,karena mungkin mreka tidak yakin akan KEBESARAN ILLAHI RABBI,bahwa Allah adalah yang maha adil...
Firman Allah:
"Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu',"(QS. Al Baqarah 2:45)

sebelum,kta ikhlas,harus kta tanamkn dlu pda diri kta kepercayaan bahwa Allah itu MAHA ADIL...dengan begitu InsyaAllah,kta akan yakin bhwa Allah itu maha ADIL dan pasti kta akan brpikir bahwa Allah akan memberi pngganti dengan yg JAUUUH lbih baik dri ini...

InsyaAllah,kta bsa ikhlas spenuh hati...
tinggal penerapannya aj...

wallahua'lam bishowab...

6 komentar:

  1. asw,

    mo nambahin de..
    barusan kk kulia bahas topik gnian..

    jadi cara menggapai keIKHLASan itu metodenya ada 2,yakni:
    harus ada yg diHANCURkan & harus ada yg diBANGUN..

    yg harus diHANCURkan yaitu:
    1. kekufuran terhadap Allah SWT
    2. rasa permusuhan kpd Allah SWT
    3. keinginan memisahkan diri dari Allah SWT
    4. rasa benci kpd Allah SWT

    yg harus diBANGUN yaitu:
    1. ketaatan kpd Allah SWT
    2. rasa tolong menolong terhadap agama Allah SWT & saudara muslim
    3. tumbuhkan rasa kedekatan diri kpd Allah SWT
    4. tumbuhan cinta & kerinduan kpd Allah SWT

    sekian.
    semoga bermanfaat.
    jzk pa adithya u/ ilmunya ^^

    wsw,

    BalasHapus
  2. Saya seorang yang baru saja masuk islam pada april 2009 lalu,karena saya melihat bukti bahwa Tuhan itu adalah Allah, yaitu telapak tangan kita ternyata berbentuk lafal ALLAH dalam tulisan Arab,tapi ada yang mengganjal di hati, apa benar yang sering ceramah di kuping kita itu setan, bisikan itu memang tidak mengajak maksiat, tapi justru menunjukkan apa yang harus saya lakukan dan sangat memaksa harus begitu, cuma bisikan itu terdengar berulang2 setiap saat setiap detik, gara2 itu saya jadi pusing dan bingung, hampir saja saya nabrak orang waktu nyetir motor gara2 bisikan itu,apa itu memang benar2 setan ? Apakah saya bukan orang yang ikhlas ?

    BalasHapus
  3. Semoga Allah merahmati mu saudaraku...
    sbenarnya bnyak skali bukti yg membuktikan kalo Allah itu adalah 1-1nya Tuhan yg pantas disembah,sprti misalny garis yg ada d telapak tngan kta,brbentuk AI(kiri) dan IA(kanan) (dianggap sama), sedang dalam bhsa arab, gmbar itu brupa angka 81 dan 18 yg jka djumlah = 99,yg artiny 99 asmaul husna,nama suci Allah...
    dan msh bnyak lgi bukti kekuasaan Allah bgi kaum yg brfikir...
    afwan, ane mw tanya, maksud saudara ceramah di kuping kta itu sprti apa??ajakan yg sprti apa,bsa djelaskan sdikit mungkin??
    karena setan itu ada 2 golongan, setan yg berasal dari Jin, yaitu Iblis,dan setan yg berasal dri manusia, yaitu orang yang tau akan adanya Azab dan dosa,tpi mreka tetap brbuat maksiat... setan yg dri golongan manusia itu disebut NAFSU...
    Sedang Allah berfirman :
    Maka apakah orang yang berpegang pada keterangan yang datang dari Tuhannya sama dengan orang yang (setan) menjadikan dia memandang baik perbuatannya yang buruk itu dan mengikuti hawa nafsunya? (47:14)Surat Muhammad.

    jdi yg ntum mksud ceramah itu yg gmna,silahkan djelaskn...

    BalasHapus
  4. Al-fahruun:saya sedang disukai sama ikhwan,tapi saya tidak mau kalo ikhwan itu harus mnjadi pacar saya.
    sebab prinsip saya,tidak ada pacaran,karena dia dan saya beda prinsip saya mnyuruh dia untuk jauhi saya dengan maksud mnyuruh dia untuk merenungkan apa yg harus dia lakukan.sayapun menyuruh dia untuk mncari yg bisa mnjadi cita2 dia yaitu pacaran.
    kini dia sudah mndapatkan apa yang dia inginkan,seorang wanita yg siap untuk jadi pacarnya,,,
    tapi dia masih mngharapkan saya,dan sayapun begitu,,
    setiap saya mndengar cerita dia dan wanita itu rasa kecewa selalu mnguasaiku
    lantas apa yang harus saya lakukan?

    BalasHapus
  5. ass,,,
    saya mau tanya, , apakah jika kita ingin mendapatkan sesuatu yg lbih lgi itu termasuk perbuatan yag salah,,,

    kedua, bagaimana kita harus benar2 ikhlas, saat mlut kit berkata ikhlas tapi hti kita murka????

    terimakasih,,,,

    BalasHapus
  6. Utk prtnyaan prtma jelas itu tdk slah sama sekali,malahan Allah mnyruh kta utk slalu meminta kpda-Nya. namun baikny kta introspeksi dri. apa sja yg sdh kta lakukan apkah seimbang dgn printah Allah? krna jika tdk, shrusny kta malu,ibarat kta mnta tlong sma orng yg tlah kta dzolimi.

    Utk prtnyaan k2,klo kondisiny kta bcara ikhlas tp hati ndak ikhlas,brarti kta itu ttp ndak ikhlas dan bahkan brdusta di hdapan Allah. Solusiny ya kta hrus bljar lg mnanamkan rasa ikhlas pda dri kta. crany sdrhana,anggap aj smua yg ada d dunia ini bkn puny kta. punya Allah kok smw itu. Jdi kta g akan mrasa kbratan atw khilangan atw apapun yg bsa bwt kta ga tnang dn ga ikhlas. Toh smwny bakal kmbali ke Allah.

    wallahua'lam bishowab...

    salam...

    BalasHapus

Mari bertukar ilmu...
silahkan ingatkan bila ada kesalahan dalam penulisan.

salam ukhuah...

islamic clock