Assalamu'alaikum...

Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah

Muslimah.or.id

Kamis, 12 Maret 2009

Cinta yang HAKIKI??

Bismillahirrahmannirrahiim...

Assalamu'alaikum...

Cinta secara umum dibagi menjadi 3 mcam:


  1. Cinta krena Allah. Ini termasuk kesempurnaan tauhid...
  2. Cinta alamiah, yaitu cinta terhadap perkara dunia yang tidak mengalahkan cinta Allah,hal ini tidak merusak tauhid seperti;cinta isteri, cinta anak, cinta harta, dan cinta makanan dan minuman. Sehingga Rasulullah pernah ditanya; "siapakah manusia yang paling engkau cintai??"maka Beliau menjawab: "Aisyah." Lalu Beliau ditanya dari kaum laki-laki??maka Beliau menjawab: "Bapaknya."(Shahih diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim)
  3. Cinta palsu/cinta musuh Allah yang menjadi lawan tauhid,karena mencintai makhluk seperti mencintai Allah atau lebih berat daripada mencintai Allah. Di mana ketika berbenturan antara cinta Allah dengan cinta makhluk,maka ia lebih mementingkan cinta makhluk-Nya. Sehingga cinta tersebut menjadi tandingan bersama Allah,karena ia mendahulukan selain Allah atau menyamakannya dengan Allah


Ibnu Qayyim berkata: "Setiap perkara berjalan dengan cinta,contoh:kamu tidak tergerak untuk melakukan sesuatu kecuali sesuatu itu kamu cintai."


Junaid berkata:"Seorang hamba yang pergi meninggalkan keinginan nafsunya,selalu berusaha mengingat Rabbnya,menunaikan hak-hak Nya, dan selalu memandang kepadaNya dengan mata hatinyasehingga ketika berbicara hanya dengan Allah, berucap dari Allah,bergerak atas dasar perintah Allah,berdiam diri bersama Allah, sehingga dia dengan Allah, demi Allah, dan bersama Allah."


Ibnu Taimiyah berkata:"Cinta mengharuskan jihad,karena pencinta akan mencintai apa saja yang dicintai kekasihnya,membenci apa saja yang dibenci kekasihnya,berkasih sayang dengan orang yang disayang oleh kekasihnya,memusuhi orang yang menjadi musuh kekasihnya,dan bersuka cita bersama suka cita kekasihnya dan berduka cita bersama duka cita kekasihnya,serta memerintahkan apa saja yang menjadi perintah kekasihnya dan melarang apa yang menjadi larangan kekasihnya. Dia selalu sesuai dengan kekasihnya dalam semua hal."


Coba simak firman Allah dari Hadist Qudsi:

"Barang siapa mengejek wali-Ku berarti ia telah mengumumkan perang terhadap-Ku. Hamba-Ku akan senantiasa mendekat kepada-Ku dengan berbagai kewajiban yang diwajibkan atasnya dan senantiasa mendekat kepada-Ku dengan amalan sunnah hingga Aku mencintainya, maka Aku akan menjadi pendengaran yang dipakainya untuk mendengar, penglihatan yang digunakan untuk melihat, tangan yang digunakan untuk memukul, kaki yang digunakannya untuk melangkah. DenganKu ia mendengar, dengan-Ku ia melihat, dengan-Ku ia memukul dan dengan-Ku pula ia melangkah. Apabila ia meminta niscaya akan Aku beri. Apabila memohon perlindungan niscaya Aku lindungi. Aku sama sekali tidak ragu melakukannya, sebagaimana keraguan-Ku untuk mencabut nyawa seorang hamba-Ku yang beriman yang tidak suka menyakitinya, sedangkan kematiannya sudah merupakan suatu keharusan."
{Shahih diriwayatkan Imam Bukhari dalam shahihnya (6137) dan Abu Nu'Aim dalam Hilyah,(1) 1/34}


dan Nabi besar Muhammad Salallahu'alaihi Wasallam juga pernah berwasiat kepada Ibnu Abbas Radiallahu'anhum:
"Jagalah Allah,Allah akan menjagamu.Jagalah Allah,kamu akan mendapati-Nya di hadapanmu.Kenalilah Allah pada waktu senang,maka Dia akan mengenalimu pada waktu susah."
{Shahih diriwayatkan Imam Ahmad dalam Musnadnya, 1/293 dan Imam at-Tirmidzi dalam sunannya (2516)}


Rasulullah SAW bersabda:"tali iman yang paling kuat adalah saling berkasih sayang karena Allah,Mencintai karena Allah,memusuhi karena ALlah dan membenci karena Allah."(Shahih, oleh Imam Thabrani dalam al Mu'jamul Kabiir)


Saudaraku,bahu membahulah membangun cinta...dengan para pencinta,cinta kebenaran...cinta semata-mata karena Allah SWT...

wallahua'lam Bishowab...

1 komentar:

  1. asw...

    TWO TUMBS UP!!!

    plg suka artikel yg ini :)

    wwhhoooaaa!!!

    makasi addeee,,, ^0^

    wsw,

    BalasHapus

Mari bertukar ilmu...
silahkan ingatkan bila ada kesalahan dalam penulisan.

salam ukhuah...

islamic clock